Survei Median: Elektabilitas Gibran Nomor 2 di Solo, Masih Kalah dari Petahana

(Gibran dan Achmad Purnomo) 

[PORTAL-ISLAM.ID]  Lembaga survei Median merilis survei terkait Pilwalkot Solo 2020 yang diramaikan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, mengatakan survei ini melibatkan 800 responden dengan margin of error +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kecamatan dan gender. Survei ini dilakukan pada 3 Desember-9 Desember yang lalu.

Ada 18 kandidat yang terjaring dalam survei ini. Untuk sisi popularitas, Gibran Rakabuming masih kalah dengan Achmad Purnomo yang merupakan calon wali kota hasil penjaringan DPC PDIP Solo yang saat ini menjadi Wakil Wali Kota Solo.

"Achmad Purnomo 94,5 persen, Gibran Rakabuming 82,3 persen, Teguh Prakosa 50,0 persen," kata Rico Marbun dalam pemaparan di Restoran Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019), seperti dilansir detikcom.

Di sisi elektabilitas, Gibran Rakabuming juga masih tertinggal dari Achmad Purnomo.

Menggunakan metode pertanyaan tertutup, Median melakukan survei elektabilitas calon wali kota Solo. Gibran masih berada di urutan kedua setelah Achmad Purnomo.

"Achmad Purnomo 45,0 persen, Gibran Rakabuming 24,5 persen, Budi Prasetyo 7,3 persen," sebut Rico.

Dari sisi top of mind survei, Gibran Rakabuming masih berada di urutan kedua setelah Achmad Purnomo. Selisih persentase keduanya cukup lebar dari segi top of mind dengan Achmad Purnomo mengantongi angka 40,9 persen dan Gibran Rakabuming sebesar 19,1 persen. Untuk diketahui, ada 18 kandidat calon wali kota Solo yang masuk survei Median. Mereka adalah:

1. Achmad Purnomo
2. Budi Prasetyo
3. Didit Hediprasetyo
4. Dinar Retna Indrasari
5. Achmad Sapari
6. Taufiqurahman
7. Gareng S Haryanto
8. Gibran Rakabuming Raka
9. Sugeng Riyanto
10. Henry Indraguna
11. Her Suprabu
12. KH Abdul Kharim/Gus Kharim
13. Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara
14. Ravik Karsidi
15. Slamet Rahardjo
16. Teguh Prakosa
17. Bambang Nugroho
18. Farid Sunarto

Jika PDIP Tunjuk Gibran Maju Pilkada Solo 2020, Achmad Purnomo Pasrah

Bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDIP Surakarta, Achmad Purnomo mengaku, tak khawatir dengan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wali kota pada Pilkada Solo 2020 melalui DPD PDIP Jateng.

Purnomo mengatakan, sebagai kader yang diberi tugas partai, dirinya memilih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP. Sebab, kata Purnomo, semua keputusan sepenuhnya ada pada DPP PDIP di tangan Ketua Umum Megawati Soekrano Putri.

"Enggak ada kekhawatiran bagi saya. Karena saya terus terang ambisi saya hanya mengabdi pada masyarakat. Kalau ternyata tidak diberikan rekomendasi ya sudah," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2019), seperti dilansir Kompas.

Dia menegaskan, bahwa dirinya dan Teguh Prakosa ditugaskan oleh DPC PDIP Kota Surakarta sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk mendapat rekomendasi dari DPP PDIP.

"Saya dan Pak Teguh sudah bulat dicalonkan oleh DPC PDIP Surakarta. Tapi yang menentukan DPP, ya kita tunggu saja," ujar dia.

Disinggung apakah sudah membentuk tim pemenangan, Purnomo menyerahkan sepenuhnya kepada PDI-P Surakarta sebagai partai pengusung dirinya di Pilkada Solo 2020.

"Kalau saya belum membentuk tim. Tapi, banyak kegiatan dari masyarakat yang inisiatif sendiri mengundang saya," terang pria yang menjabat Wakil Wali Kota Surakarta.

Diberitakan sebelumnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Solo di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, pada Kamis (12/12/2019) siang.

Gibran didampingi Habib Hasan dan diarak oleh ribuan relawan dari berbagai daerah di Jateng menuju Panti Marhaen.

Setibanya di ruang pendaftaran, Gibran disambut oleh Ketua Panitia Pendaftaran Balon Wali Kota/Bupati Abang Baginda Hasibuan dan beberapa kader PDIP.

Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan mengatakan, Gibran telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Solo pada hari terakhir pendaftaran.

Belum ada Komentar untuk "Survei Median: Elektabilitas Gibran Nomor 2 di Solo, Masih Kalah dari Petahana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel