Jakarta Jadi Kota dengan Penurunan Kemacetan Terbesar di Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Tingkat kemacetan di Jakarta mengalami penurunan yang cukup besar hingga delapan persen menurut TomTom Traffic Index 2018. Angka ini menunjukkan posisi Jakarta yang awalnya berada pada peringkat keempat kini peringkat ketujuh kota termacet di dunia.

Dilansir dari laman resmi TomTom Traffic Index, Senin (17/6/2019), penurunan sebanyak delapan persen menjadi angka yang sangat besar dan menjadi terbesar dibandingkan kota-kota lainnya. Pada 2017 angka kemacetan Jakarta mencapai 61 persen dan kini turun menjadi 53 persen.

Kota yang memiliki tingkat kemacetan terparah di dunia menurut TomTom Traffic Index diduduki Mumbai, India dengan 65 persen. Disusul dengan Kota Bogota, Colombia di peringkat kedua sebesar 63 persen, dan Kota Lima, Peru di peringkat ketiga dengan tingkat kemacetan 58 persen.

Selanjutnya, New Delhi, India berada pada posisi keempat dengan tingkat kemacetan 58 persen. Kemudian Moscow region, Russia di posisi lima sebesar 56 persen, dan Istanbul, Turkey sebesar 53 persen di peringkat enam. Jakarta di posisi tujuh dengan 53 persen. Peringkat ini berdasarkan data yang diambil dari 403 kota dengan 56 negara berbeda.

Data TomTom ini dikumpulkan berdasarkan software navigasi dan maps dengan akurasi tinggi. Data ini dipakai untuk memetakan kemacetan secara realtime.


Versi ADB

Kendati demikian, ada data versi lain yang menunjukkan hasil berbeda. Dalam data versi Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) lewat laporan Update of the Asian Development Outlook edisi September 2019, Jakarta sudah keluar dari 10 besar kota termacet.

Jakarta, berada di posisi 17 dari 24 kota sampel dengan populasi lebih dari 5 juta penduduk.

Sebagai gambaran, studi ini mengukur ongkos kemacetan dengan memfokuskan pada waktu yang hilang dalam perjalanan seseorang. Kemudian biaya operasional kendaraan dan juga tingkat polusi udara. Informasi tambahan juga dikumpulkan melalui data perjalanan yang diproyeksikan Google Maps.

__
*Referensi:
https://www.tomtom.com/en_gb/traffic-index/ranking
https://www.liputan6.com/news/read/3991688/jakarta-jadi-kota-dengan-penurunan-kemacetan-terbesar-di-dunia
https://news.detik.com/berita/d-4853896/dear-pak-anies-jakarta-sudah-keluar-dari-10-kota-termacet-versi-adb

Belum ada Komentar untuk "Jakarta Jadi Kota dengan Penurunan Kemacetan Terbesar di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel