Umat Terbaik Nabi Muhammad Dibentuk Dari Kisah-kisah Para Nabi Sebelumnya


[PORTAL-ISLAM.ID]  Hampir dua per tiga (2/3) dari Al Quran adalah kisah. Kisah yang haq. Diterakan banyak kisah dalam Al Quran, sebagai pelajaran bagi Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam dan para sahabat.

Generasi terbaik tersebut dibentuk oleh kisah kaum terdahulu. Termasuk didalamnya para nabi mulia, yang kisahnya kemudian mengisi hati Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam dan para sahabat.

Dikisahkanlah tentang Nabi Musa 'alaihissalam, agar kemudian ummat belajar tentang bagaimana melawan tirani yang zalim dan apa ujung dari kekuasaan yang menyengsarakan.

Dikisahkan tentang Nabi Yusuf 'alaihissalam, agar kemudian ummat belajar tentang kesabaran akan cobaan, bagaimana memaafkan dan karunia kepemimpinan atas buah dari kesabaran.

Dikisahkan tentang Nabi Ayyub 'alahissalam, agar ummat belajar tentang bersabar dalam ujian panjang, tanpa sama sekali kehilangan keimanan.

Dikisahkan tentang Nabi Yunus 'alahissalam, agar kemudian ummat belajar tentang bagaiman taubat menjadi jalan hadirnya perbaikan hidup yang menyeluruh.

Dan tidak lupa, dikisahkan tentang Nabi Sulaiman 'alahissalam, agar kemudian ummat belajar untuk tetap beradab sholih penuh syukur dalam keberlimpahan...

Agar kemudian ummat belajar tentang bagaimana menggunakan kelimpahan sumber daya untuk penghambaan serta dakwah ilallah.

Agar kemudian ummat belajar tentang kebijaksanaan kepemimpinan, hikmah yang mengisi sanubari hati Nabiyullah Sulaiman 'alaihissalam.

By Rendy Saputra
(The Sulaiman Institute)

Belum ada Komentar untuk "Umat Terbaik Nabi Muhammad Dibentuk Dari Kisah-kisah Para Nabi Sebelumnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel